Apresiasi untuk PD PAL

Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Banjarmasin terus memeras keringat untuk menciptakan lingkungan yang baik di Kota Seribu Sungai.
Pertambahan jumlah penduduk di Banjarmasin, serta makin banyaknya hotel dan restoran tentu saja terus menghasilkan limbah yang tidak sedikit.Untuk menghasilkan hal ini, maka PD PAL menjadi ujung tombak Pemko Banjarmasin.
Waki Ketua DPRD Banjarmasin H Iwan Rusmali menuturkan, kinerja PD PAL harus terus mendapat dukungan daru semua pihak, baik itu pemerintah sendiri ataupun masyarakat.
“PD PAL kan bekerja sama untuk meminimalisir pencemaran limbah di Banjarmasin, kalau pencemaran tak diatasi tentu saja ini akan memper buruk wajah kota,” katanya kepada wartawan, kemarin.
Pria berkumis tebal ini menambahkan, tugas dan tanggung jawab yang dipikuli PD PAL jelas tidak ringan
“Tapi saya percaya dengan kualitas yang dimiliki PD PAL Banjarmasin daam mengatasi limbah. Saya yakin PD PAL akan mampu meminimalisir terjadinya pencemaran, tentunya dengan kerja keras serta sosialisasi yang berkelanjutan dan dukungan semua pihak. “tegasnya.
Sementara itu, Direktur PD PAL Banjarmasin Muh Muhidin menuturkan, pada 2014 ini pihaknya menargetkan memiliki 15 ribu pelanggan, agar pencemaran di Banjarmasin bias terus ditekan. “Makanya kita terus melakukan sosialisasi kepada warga, maupun mengusaha baik hotel atau restoran. Alhadulillah hasil saat ini cukup membanggakan,” jelasnya. Muh Muhidin menambahkan, kapasitas instalasi pengelohan air limbah yang dimiliki PD PAL saat ini memungkinkan untuk melayani 15 ribu pelanggan. Namun untuk layanan ke depan kata Penasehat Forum Komunikasi Air Limbah se Indonesia (Forkalim) ini, harus ada penambahan instalasi baru di 14 titik wilayah kota seribu sungai ini.
Selasin itu lanjutnya tahun 2014 ini PD PAL akan membangun laboratorium, untuk mengukur dan mengetahui batas kesterilkan air limbah yang dikelola PD PAL sebelum dibuang atau dimanfaatkan untuk keperluan menyiram tanaman, tambak ikan, dan keperluan lainnya. Kinerja PD PAL juga mendapat dukungan penuh dari Walikota Banjarmasin H Muhidin, menurutnya, Pemko Banjarmasin berkomitmen untuk menjadikan ibukota Provinsi Kalsel sebagai kota yang berwawasan lingkungan. “Langkah utama selain gerakan penanaman pohon penghijauan yang pernah mendatangkan Menteri Lingkungan Hidup, dukungan perbaikan dan penataan fasilitas umum mulai pengerukan sangai, drainase, pembangunam MCK Plus, sampai pemanfaatan gas dari limbah digelorakan dan laksanakan,” Katanya.
Walikota yang berlatar belakang pengusaha ini juga terus berusaha memberikan semangat bawahannya untuk tetap gigih mewujudkan kota tua yang sejuk dan rindang, tertib terus dilakukan penataan dengan baik.
Melaui kegiatan yang dikerjakan terutama Perusahaan Daerah Pengelolaan Air LImbah (PD PAL) Bsnjarmasin yang dinakhodai Muh Muhidin ST MM ini, pun tak luput dari pengamatan dan dukungan penuh agar bias meminimalisir pencemaran dikota berjuluk kota seribu sungai ini. “Upaya menjadikan Banjarmasin indah, bersih, nyaman, rimbun, sehat, dan terbebas dari pencemaran terus saja kita lakukan dengan berbagai program baik melaui PD PAL maupun instansi lain,” pungkasnya. (jimmy huzain)

Leave a Reply