Duta Lingkungan Hidup Berkunjung ke Instalasi Pengolahan Air Limbah

Dewasa ini, banyak kompetisi pemilihan pemilihan Duta / Ambasador yang mana memiliki sasaran yaitu generasi muda yang aktif, kreatif, memiliki keahlian dibidangnya dan attitude yang baik. Kegiatan tersebut memiliki tujuan dan fungsi masing masing sesuai bidang yang dikompetisikan. Adapun kompetisi tersebut seperti, Pemilihan Duta Bahasa, Pemilihan Duta Pariwisata, Pemilihan Duta Lalu Lintas, Pemilihan Duta Pancasila, Pemilihan Duta Narkoba, Pemilihan Duta Lingkungan Hidup dan lain sebagainya. Kompetisi ini diselenggarakan mulai dari tingkat Kota, Provinsi, Nasional bahkan Internasional. Kompetisi ini pun juga dilaksanakan di seluruh Kota di Indonesia. Baru baru ini, Kota Banjarmasin yang terkenal sebagai julukan Kota Seribu Sungai mengadakan kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan Hidup. Pemilihan Duta Lingkungan Hidup merupakan kontes yang berhubungan dengan sanitasi. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut yaitu menciptakan generasi muda yang peduli akan lingkungan dan menjadi kader untuk mengajak orang orang disekitarnya agar dapat menjaga kelestarian lingkungan. Seperti yang kita ketahui bersama, sanitasi lingkungan adalah status kesehatan suatu lingkungan yang mencakup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih dan sebagainya. Sanitasi lingkungan dapat pula di artikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mempertahankan standar kondisi lingkungan yang mendasar yang mempengaruhi kesejahteraan manusia. Kondisi tersebut mencakup pasokan air yang bersih dan aman, pembuangan limbah dari hewan, manusia dan industri, perlindungan makanan dari kontaminasi biologis, udara bersih dan aman serta rumah yang bersih dan aman.

Berkaitan dengan kondisi kedua pada kalimat di atas yaitu pembuangan limbah hewan, manusia dan industri, para calon Duta Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin melakukan kunjungan ke Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin dalam rangka mengetahui proses dan sistem pengolahan air limbah domestik atau air limbah rumah tangga menjadi air bersih kembali. Antusiasme para generasi muda ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pihak PD PAL.

Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin merupakan Perusahaan Daerah milik Pemerintah Kota Banjarmasin yang memiliki tugas dan fungsi mengelola air limbah rumah tangga dengan sistem jaringan (off site) dan non jaringan (on site). Keberadaan PD PAL Kota Banjarmasin dibilang sangat penting dalam rangka menciptakan sanitasi Kota Banjarmasin yang baik. Hal tersebut berhubungan dengan julukan Kota Banjarmasin sebagai Kota Seribu Sungai. Bersama dengan PD PAL Kota Banjarmasin, masyarakat Kota Banjarmasin bisa mewujudkan sungai sungai di Kota Banjarmasin yang bebas dari pencemaran terutama limbah rumah tangga dan diharapkan nantinya akan menjadi kota sungai terindah. Generasi muda dianggap memiliki ketertarikan tersendiri dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat khususnya tentang pentingnya mengolah air limbah rumah tangga. Melalui Duta Lingkungan Hidup inilah diharapkan bisa memberikan informasi kepada orang orang sekitarnya tentang betapa pentingnya mengelola air limbah rumah tangga demi kelestarian sungai Kota Banjarmasin.

 

Leave a Reply