IBU SANITASI KOTA BANJARMASIN MENGAJAK UNTUK PELIHARA LINGKUNGAN

TOT (Training of Trainer) Tim Sosialisasi dan Kader Penyiapan Masyarakat Pembangunan Prasarana Air Limbah Kota Banjarmasin mengambil tema Wanita Tulang Punggung Masa Depan Sanitasi Indonesia. Pengambilan tema tersebut dikarenakan wanita berperan penting dalam sektor Sanitasi. Keterkaitan langsung antara wanita dan sanitasi mencakup empat hal, yaitu pekerjaan rumah tangga, kesehatan keluarga, pendapatan keluarga dan budaya. Jika sampah dan limbah domestik terkelola dengan baik, kebersihan rumah terjaga, bau dan lalat pun tidak mengganggu, sumber cemaran bisa terkendali. Hasilnya, konsumsi keluarga semakin hygenis dan kesehatan keluarga pun lebih terjamin, disinilah wanita mengambil perannya.

Kegiatan ini bertujuan menciptakan kader kader air limbah yang melibatkan kaum hawa. Melalui kegiatan ini, diharapkan nantinya wanita dapat menjadi inisiator (pemrakarsa) ide, kebijakan dan gerakan peduli sanitasi, menjadi promoter (penggerak) munculnya aksi-aksi kepedulian pada sanitasi dan wanita adalah katalisator bagi kesuksesan pembangunan sanitasi khususnya dalam hal mengelola air limbah domestic. Menjadi kader air limbah memang tidak mudah, apalagi bertanggung jawab untuk mengajak masyarakat agar peduli dan sadar betapa pentingnya mengelola limbah domestic.

Salah satu tokoh wanita yang dapat menularkan semangat sanitasi kepada wanita lainnya yaitu dr. Siti Wasilah, M.Si, Med selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin, dokter serta tenaga pendidik yang paham tentang sanitasi. Pada kegiatan ini, beliau dinobatkan sebagai Ibu Sanitasi Kota Banjarmasin. Pemberian selempang oleh Eko Setio Hutomo, Gender Officer IndII Ausaid. Dengan adanya Ibu Sanitasi Kota Banjarmasin, diharapkan dapat merangkul seluruh wanita Banjarmasin agar dapat mengambil peran aktif di bidang sanitasi terutama dalam hal mengelola limbah domestik bersama PD PAL Kota Banjarmasin. Eko Setio Hutomo, Gender Officer IndII Ausaid menyatakan bahwa, Istri Walikota memiliki peran strategis dan bisa dijadikan icon sanitasi serta dapat membawa isu sanitasi dalam kegiatan PKK baik secara formal dan informal.

Setelah dinobatkan sebagai Ibu Sanitasi Kota Banjarmasin, dalam sambutannya dr. Siti Wasilah, M.Si, Med mengajak seluruh masyarakat Banjarmasin khususnya para wanita untuk memelihara lingkungan dengan mendukung program sanitasi diantaranya menjadi pelanggan PD PAL Kota Banjarmasin.

[envira-gallery id=”1067″]

Leave a Reply