KERJA SAMA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT WUJUDKAN SANITASI HEBAT

Pencemaran lingkungan saat ini tidak dapat dipungkiri lagi. Semakin tingginya kebutuhan masyarakat maka semakin tinggi pula tingkat pencemaran lingkungan. Sumber dari pencemaran lingkungan bisa berasal dari sisa buangan atau limbah pabrik yang tidak terolah dengan baik, kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, terjadinya penebangan hutan tanpa ada langkah reboisasi, dan yang tidak dapat dianggap remeh yaitu limbah rumah tangga yang berasal dari aktifitas manusia itu sendiri. Limbah rumah tangga yang tidak terolah dapat menjadi sumber utama pencemaran lingkungan terutama pencemaran air. Jika hal tersebut tidak ditanggulangi dengana serius maka akan menciptakan dampak yang buruk tidak hanya bagi golongan masyarakat tertentu saja namun seluruh masyarakat akan dirugikan dengan dampak dampak negatif yang muncul.
Untuk menuntaskan masalah pengolahan limbah rumah tangga, diperlukan komitmen kuat dan sinergi antara Pemerintah Daerah dan masyarakat. Jika hal tersebut dilaksanakan dengan langkah langkah strategis dan berkesinambungan maka akan terciptanya sanitasi yang baik terutama dalam hal mengolah air limbah rumah tangga.
Kota Banjarmasin yang memiliki julukan Kota Seribu Sungai memiliki Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL) yang berada di bawah naungan Pemerintah Kota Banjarmasin. PD PAL Kota Banjarmasin merupakan salah satu wujud komitmen serius Pemerintah untuk menanggulangi pencemaran sungai. PD PAL Kota Banjarmasin bertugas untuk mengolah air limbah rumah tangga dengan system perpipaan yang mana hasil olahannya yaitu menjadi air bersih kembali yang dialirkan ke badan sungai.
Tidak hanya di Kota Banjarmasin saja, upaya dan langkah langkah serius untuk mengolah air limbah rumah tangga juga dilakukan di seluruh Kota yang ada di Indonesia. Hal tersebut terbukti dari adanya kunjungan kerja yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang ke PD PAL Kota Banjarmasin untuk kedua kalinya pada Rabu, 21 Maret 2018. Kunjungan kerja tersebut dilakukan dalam rangka akan dibangunnya Instalasi Pengolahan Air Limbah skala kota di Kota Malang. Dalam kunjungan kerja untuk kedua kalinya ini, Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang mengikut sertakan tokoh masyarakat di Kota Malang untuk berdiskusi dan bertukar pikiran tentang pentingnya Instalasi Pengolahan Air Limbah bagi kehidupan jangka panjang.
Hal tersebut menekankan bahwa demi mewujudkan sanitasi yang baik disuatu daerah terutama dalam hal mengolah air limbah rumah tangga merupakan tugas bersama, tidak hanya pemerintah saja namun masyarakat pun turut serta dalam mewujudkannya. Dengan adanya sinergi antara Pemerintah dan kesadaran masyarakat maka tingkat sanitasi Indonesia yang tertinggal dengan Negara lain akan cepat terkejar.

Leave a Reply