KUNJUNGAN LAPANGAN TEKNIK KIMIA UNLAM di PD PAL KOTA BANJARMASIN

Sehubungan dengan adanya perkuliahan Teknologi Pengolahan Air dan Limbah (TPAL) di program studi magister teknik kimia UNLAM, maka pada hari Selasa, Tanggal 19 November 2019, sekitar 10 orang mahasiswa Program Studi Magister Teknik Kimia UNLAM dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing yaitu Bapak Dr. Agus Mirwan, ST.,MT mengunjungi Kantor PD PAL Kota Banjarmasin.

Direkrut PD PAL Kota Banjarmasin Bapak H. Rahmatullah, SE yang didampingi Kepala Bidang Teknik PD PAL Kota Banjarmasin, Deris Kusdinar ST, beserta Kepala Bidang Umum, Kepala Seksi, dan staf PD PAL Kota Banjarmasin menyambut baik kedatangan para mahasiswa/i dan dosen dari Magister Teknik Kimia UNLAM tersebut. Penjelasan terkait Pengelolaan Air Limbah di PD PAL Kota Banjarmasin yang disampaikan oleh Bapak Deris Kusdinar, ST, selaku Kepala Bidang Teknik PD PAL Kota Banjarmasin. Bapak Deris Kusdinar, ST menjelaskan sejarah PD PAL Kota Banjarmasin, IPAL eksisting, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal, Cakupan Layanan, sampai dengan teknologi proses pengolahan limbah menggunakan system Rotating Biological Contactor (RBC) yang diterapkan di PD PAL Kota Banjarmasin.

RBC atau Rotating Biological Contactoritu sendiri ialah suatu proses pengolahan limbah cair dengan menggunakan metode dimana unit pengolah air limbah ini berotasi dengan pusat pada sumbu atau as yang digerakkan oleh motor drive system dan/atau tiupan udara (air drive system) dari difusser yang dibenam dalam air limbah, di bawah media. Berbahan plastik, media tempat pelekatan mikroba dipasang sedemikian rupa sehingga terjadi kontak yang seluas-luasnya dengan air limbah dan oksigen yang terjadi silih berganti. Dimana metodenya melibatkan kontak dengan unsure-unsur biologi di dalam perputaran ataupun rotasi.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan tambahan informasi, wawasan, dan ilmu pengetahuan kepada Mahasiswa/I Magister Teknik Kimia UNLAM mengenai teknologi proses pengolahan limbah menggunakan system Rotating Biological Contactor (RBC) yang diterapkan di PD PAL Kota Banjarmasin.

 

 

 

 

Leave a Reply