Kunjungan Praktik Lapangan Poltekkes Banjarmasin

Dalam rangka pelaksanaan praktikum Mata Kuliah Pengelolaan Limbah Cair-B dan memberikan pengalaman belajar lapangan dalam bentuk Orientasi Sistem Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga, pada hari Kamis, tanggal 21 Maret 2019, sekitar 47 orang mahasiswa Program Studi Diploma 4 Kesehatan Lingkungan Poltekkes Banjarmasin dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing mengunjungi Kantor PD PAL Kota Banjarmasin.

Kepala Bidang Teknik PD PAL Kota Banjarmasin, Deris Kusdinar ST, yang didampingi oleh Kepala Bidang Umum, Kepala Seksi, dan staf PD PAL Kota Banjarmasin menyambut baik kedatangan para mahasiswa dan dosen dari Politeknik Kesehatan tersebut. Para mahasiswa sangat antusias mendengarkan penjelasan terkait Pengelolaan Air Limbah di PD PAL Kota Banjarmasin yang disampaikan oleh Bapak Deris Kusdinar, ST, selaku Kepala Bidang Teknik PD PAL Kota Banjarmasin. Bapak Deris Kusdinar, ST menjelaskan sejarah PD PAL Kota Banjarmasin, Master Plan pengelolaan Air Limbah Kota Banjarmasin, kinerja IPAL dan IPAL eksisting, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal, Cakupan Layanan, sampai dengan Strategi Pemasaran PD PAL Kota Banjarmasin.

Penjelasan kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dari para mahasiswa. Beberapa hal yang didiskusikan antara lain terkait teknologi IPAL, kendala teknis jaringan pipa air limbah di lapangan, strategi sosialisasi pengolahan air limbah ke masyarakat dan tarif air limbah PD PAL Kota Banjarmasin. Kegiatan kunjungan diakhiri dengan pemberian souvenir dan plakat serta melihat langsung ke lapangan Pengolahan Air Limbah PD PAL Kota Banjarmasin.

Leave a Reply