Mari Dukung Dan Peduli Pengelolaan Air Limbah Agar Lingkungan Dan Masyarakat Jadi Sehat

Sumber : Banjarmasin Post Kamis 08 Mei 2014
SEIRING bertambahnya jumlah penduduk, pabrik atau industri untuk mendukung semua kehidupan hidup mereka . Pabrik –pabrik inilah yang setiap harinya menghasilkan limbah yang bila tidak di tangani dengan baik akan mencemari lingkungan.
Tidak hanya limbah pabrik atau indistri ternyata , limbah dari rumah tangga juga berperan besar terhadap kerusakan lingkungan jika berlangsung dalam jumlah besar, terus- menerus tanpa pengelolaan yang tepat . jadi dalam hal ini yang di sebut bahan limbah bahan sisa yang di hasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi ,baik dari skala rumah tangga, industry,
Pertambangan dan lain-lain. Dari 636 sampel air tanah yang di ambil, 285 sampelnya telah tercemar bakteri coli. Ini karena letak saptek tank dan pembuangan sampah berdekatan dengan air tanah . Dan secara kimiawi , 75 persen dari sumber sampel tersebut tidak memenuhi bahan baku air yang parameternya dinilai dari dinilai dari unsur yang nitrat, nitrit, besi dan magan.
Jadi sudah saatnya masyarakat kita sadar akan 0pentingnya pengelolaan limbah, baik industry maupun rumah tangga demi lingkungan dan masyarakat yang lebih sehat untuk itulah Prusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin sebagai salah satu lembaga/instansi pemerintah daerah yang bertugas menengani pembangunan sanitasi di kota Banjarmasin hari ini (8/5) menyelenggarakan even bertajuk Diseminasi Pengelolaan air limbah permukiman kota Banjarmasin bertempat di Hotel Rodita Banjarmasin.
Sosialisasikan Keberadaan PD PAL
Acara ini memiliki banyak tujuan , selain ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan, juga ingin lebih menyosialisasikan keberadaan PD PAL termasuk visi dan misinya yaitu menjadikan Banjarmasin sebagai kota seribu sungai yang bersih dan sehat melalui pengelolaan air limbah dengan baik dan tepat, melaksanakan pengelolaan air limbah secara teknis dan terencana dengan memperhatikan kesehatan lingkungan dengan memberikan jasa pelayanan pengumpulan dan pengelolaan air limbah.
“Kegiatan ini juga untuk mendukung Program percepatan pembangunan sanitasi . Saya imbau juga agar masyarakat ikut membantu terjaganya air baku yang saat ini hampir tidak bisa di manfaatkan secara maksimal. Kami juga mengimbau semua pihak untuk bersinergi,”kata Direktur PD PAL Kota Banjarmasin Muhammad Muhidin ST MM kemarin di kantornya jalan Pasar pagi No 89 Banjarmasin.
Saat ini PD PAL baru memiliki 6 titik pengolahan limbah di kota Banjarmasin dengan cakupan kelola hanya 5 persen. Kedepanya akan terus di tambah secara bertahap hingga mencapai titik angka maksimal yaitu sekitar 20 titik atau lebih di kota Banjarmasin .
Saat ini pelanggan PD PAL baru mancapai sekitar 6 ribu pelanggan atau hanya sekitar 5 persen dengan target 3 ribu sambungan baru lagi hingga akhir tahun ini dan semua gratis hingga 2015. Bagi anda yang ingin menjadi pelanggan cukup datang kekantor PD PAL membawa KTP dan bukti pelanggan PDAM.
Pokok Bahasan dan harapan
Ada empat narasumber yang di hadirkan yaitu dari BAPPENAS tentang kebijakan pemerintah pusat dalam kegiatan percapatan pembangunan sanitasi di bidang air limbah permukiman . Dari Kementrian PU tentang pembangunan sarana dan prasarana air limbah untuk mendukung percepatan pembangunan sanitasi khususnya pengelolaan air limbah permukiman. Narasumber ketiga dari kementrian perumahan yaitu tentang pengembangan kawasan perumahan yang berwawasan lingkungan dan keterkaitanyan dengan penyediaan prasarana dan sarana sanitasi khususnya pengolahan air limbah.
Yang terakhir dari bapeda kota Banjarmasin terkait kebijakan kebijakan pemerintah kota tentang Perda No 7 Tahun 2010 dan perda no 05 Tahun 2014
Yang hadir dalam kegiatan ini dan diharapkan bisa memberikan konstribusi positif adalah kepala daerah, camat , lurah , tenaga medis ,guru ,mahasiswa,tokoh agama , anggota REI, anggota PHRI, LSM, pelaku usaha swasta dan masyarakat umum .
Dari kegiatan ini diharapkan akan terbentuknya kesamaan persepsi terkait pengelolaan air limbah, tersampaikanya informasi terkait dengan kebijakan/regulasi tentang pengelolaan air limbah sekaligus mendapatkan shering pengalaman dari peserta untuk pengelolaan yang lebih baik dan efektif. Dan terahir, agar peserta yang hadir dapat mengetahui dan paham atas manfaat kegiatan ini sekaligus menyebarkan informasi kepada orang-orang di sekitanya. (*)

Leave a Reply