Masyarakat Mulai Sadar Sanitasi

Sumber : Media Kalimantan, Rabu, 13 Mei 2015
Banjarmasin, MK- Gencarnya sosialisasi Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL) berdampak semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya sanitasi yang baik. Hal ini disampaikan Direktur PD Kota Banjarmasin H. Rahmatullah, SE dalam kegiatan sosialisasi dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kepada pelanggan dan calon pelanggan yang dilaksanakan di Kecamatan Banjarmasin Timur, Selasa (12/5).
“Sejak sosialisasi program IPAL kita laksanakan secara rutin ditiap kecamatan. Hasilnya sudah mulai terlihat, respon masyarakat akan pentingnya sanitasi mulai meningkat,” ucap Rahmatullah, usai sosialisasi.
Dia mengakui, selama ini perilaku masyarakat akan kepedulian kesehatan lingkungan masih kurang. Di antara bentuk kepedualian masyarakat adalah dengan meningkatkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). “Tugas PD PAL tidak mudah yakni merubah pola yang lazim dilakukan masyarakat. Ini pun menjadi tantangan PD PAL kedepannya bagaimana merubah menjadi masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” Katanya.
Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dimaksudkan mendukung suksesnya program Kementrian Pekerjaan Umum, yakni 100 persen masyarakat terfasilitasi air bersih dan akses sanitasi layak pada 2019. “ini menjadi titik tujuan PD PAL kedepannya,” timpal Rahmatullah.
Ia menegaskan, keseriusan pemerintah dalam membangun sanitasi harus pula diimbangi juga dengan kesadaran masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang kondusif, sehat dan berbasis peningkatan kesadaran masyarakat. “Padahal, kesehatan lingkungan dan perilaku hidup sehat turut menentukan kualitas kesehatan,” tegasnya (mahmud husein).

Leave a Reply