MOBIL JETTING CAP COMBI SIAP LAYANI WARGA BANJARMASIN

Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin merupakan Perusahaan Daerah milik Pemerintah Kota Banjarmasin yang betugas untuk mengolah air limbah rumah tangga menjadi air bersih kembali dengan sistem jaringan pipa. PD PAL Kota Banjarmasin memiliki 6 Instalasi yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Banjarmasin yaitu Banjarmasin Tengah, Banjarmasin Utara, dan Banjarmasin Selatan terdiri dari IPAL Basirih, IPAL Tanjung Pagar, IPAL Lambung Mangkurat, IPAL Pekapuran Raya, IPAL HKSN dan IPAL Sungai Andai.
Upaya demi upaya dilakukan oleh PD PAL Kota Banjarmasin demi mewujudkan Kota Banjarmasin yang BAIMAN (Barasih wan Nyaman) seperti, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengolah air limbah rumah tangga serta kegiatan teknis operasional rutin yang dilakukan dalam rangka terpeliharanya dengan baik jaringan air limbah di Kota Banjarmasin.
Pemeliharaan dan pembersihan jaringan rutin dilakukan oleh operator PD PAL Kota Banjarmasin demi meminimalisir adanya gangguan pada jaringan air limbah dan lancarnya aliran air limbah dari rumah warga menuju instalasi untuk diolah menjadi air bersih sesuai baku mutu. Fasilitas demi fasilitas pun juga terus dilengkapi demi menunjang kegiatan operasional rutin pemeliharaan jaringan PD PAL Kota Banjarmasin. Salah satu alat pendukung kegiatan pemeliharaan jaringan yaitu Mobil Jetting Cap Combi. Mobil yang memiliki ukuran yang cukup besar ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat tepatnya dari Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman. Mobil Jetting Cap Combi ini berfungsi untuk membantu dan melayani masyarakat dalam hal membersihkan jaringan primer air limbah. Sebelumnya, PD PAL Kota Banjarmasin juga mendapatkan bantuan berupa 2 buah mobil truck tangki dan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja yang dibangun didekat IPAL Basirih. Pihak PD PAL Kota Banjarmasin berharap bantuan dari pemerintah pusat tidak sampai di sini saja. Dengan adanya perhatian dan bantuan tersebut maka dapat diyakini Pemerintah Kota Banjarmasin melalui PD PAL Kota Banjarmasin dapat mewujudkan sanitasi yang baik di Kota Banjarmasin dengan tidak melupakan kerja sama dan sinergi dengan SKPD terkait.

Leave a Reply