OMBUDSMAN KALSEL KUNJUNGI PD PAL KOTA BANJARMASIN

Pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2020, ombudsmankalsel Republik Indonesia Perwakilan Kalsel melaksanakan kunjungan bersama peserta magang ke PD PAL Kota Banjarmasin. Kunjungan ombudsmankalsel ini diterima langsung oleh Direktur PD PAL Kota Banjarmasin, H. Rahmatullah, SE didampingi Kepala Bidang Teknik, Kepala Seksi beserta Staf. Kegiatan kunjungan diawali dengan penyampaian paparan Profile PD PAL Kota Banjarmasin baik itu latar belakang didirikannya PD PAL, cakupan pelayanan PD PAL, sistem jaringan PD PAL, kondisi eksisting PD PAL saat ini, dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi ringan mengenai permasalahan dan tantangan sanitasi kota banjarmasin kedepannya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari PD PAL Kota Banjarmasin dan souvenir dari ombudsmankalsel Kalsel, dan kemudian dilanjutkan dengan melihat langsung proses pengolahan air limbah domestic PD PAL Kota Banjarmasin mulai dari bak penampungan awal RSPS (Raw Sewage Pump Station), dilanjutkan dengan proses pengolahan menggunakan system RBC (Rotating Biological Contactor) yaitu proses pengolahanbiologis yangdigunakan dalam pengolahanair limbahsetelahproses screening (penyaringan sampah dan bahan kasar), dilanjutkan juga dengan melihat dosing kaporit pada proses pengolahan air limbah yang digunakan sebagai desinfektan untuk menurunkan bakteri coliform.

Kegiatan kunjungan ini diharapkan dapat wawasan, pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat kepada peserta magang, baik itu yang melingkupi pelayanan publik Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah Kota

Leave a Reply