Partisipasi PD PAL di Acara Orientasi Natural Leader Puskesmas 9 November

Dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam hal pentingnya Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyrakat (STBM) yaitu 1. Tidak Buang Air Besar Sembarangan (Stops Babs) 2. Mencuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) 3. Mengelola Air Minum dan Makanan Yang Aman (PAM RT) 4. Mengelola Sampah Yang Benar 5. Mengolah Limbah Cair Rumah Tangga Dengan Aman, Puskesmas 9 Nopember Kota Banjarmasin dan PD PAL Kota Banjarmasin mengadakan acara Orientasi Natural Leader Kesehatan Lingkungan di Wilayah Kelurahan Benua Anyar. Acara Orientasi Natural Leader ini berlangsung selama 2 hari (Rabu-Kamis) 26-27 Juli 2019 dan dilaksanakan di Aula Kelurahan Pengambangan serta Aula Kelurahan Benua Anyar Kota Banjarmasin.

 

Tujuan kegiatan itu adalah sebagai motivasi untuk mendorong pemahaman masyarakat tentang kebutuhan hidup bersih, perilaku higenis dan sanitasi yang sehat, terkait dengan lima pilar STBM dan juga sebagai ajang untuk sharing pengalaman, diskusi sehingga menambah wawasan dan dapat dikembangkan dalam pelaksanaan program STBM di kelurahan masing-masing.


Sanitasi Total Berbasis Masyarkat yang selanjutnya disebut sebagai STBM adalah pendekatan untuk merubah perilakuhigienedan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Pendekatan partisipatif ini mengajak masyarakat untuk menganalisa kondisi sanitasi melalui proses pemicuan yang menyerang/ menimbulkan rasa ngeri dan malu kepada masyarakat tentang pencemaran lingkungan akibat BABS.

Hadir saat kegiatan itu Kepala Puskesmas,Ibu dr. Masliani, Kepala Seksi Hubungan Langganan PD PAL, Bapak M. Hendra Rifani, A.md, para pelaku pemberdayaan serta warga kelurahan benua anyar dan pengambangan.Acara kegiatan tersebut diakhiri dengan foto bersama dan pembagian souvenir dari PD PAL Kota Banjarmasin.

 

 

Leave a Reply