PD PAL Banjarmasin Gelar Pengelolaan Limbah

Sumber : Seputar Kota Edisi 159 Jum’at 23 Mei 2014
Banjarmasin, SK – Perusahaan Daerah Air Limbah (PD PAL) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menggelar desiminasi dalam pengelolaan limbah rumah tangga atau pemukiman untuk memberikan pengertian mengenai pentingnya sanitasi yang baik.
Direktur PD PAL Banjarmasin Muhidin, ST, MM kepada wartawan di kantornya di Banjarmasin, Rabu mengatakan, desiminasi digelar guna memberikan pengertian begitu pentingnya menjaga keberlangsungan hidup, dan lingkungan sehat.
Kegiatan bertema “Pengelolaan Air Limbah yang Tepat dan Benar Lingkungan Sehat” itu dijadwalkan dilaksanakan pada Kamis (8/5) pukul 08.00 hingga 12.00 Wita di Hotel Rodita Banjarmasin.
Rencananya, desiminasi yang mengundang seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akademisi, tokoh agama, dan pihak pengembang perumahan, serta masyarakat umum termasuk kalangan media massa. Panitia mengahadirkan narasumber dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Kementerian Perumahan Rakyat, katanya.
“Pada kegiatan itu juga akan kami berikan hadiah dadakan (doorprize) untuk para peserta desiminasi, “kata Muhidin didampingi beberapa staf perusahaan miliik Pemkot Banjarmasin tersebut.
Menurut dia, desiminasi itu bertujuan membangun Banjarmasin sehat, dan begitu masyarakat bisa menyadari betapa pentingnya menciptakan sanitasi yang sehat, Keberadaan sanitasi erat kaitannya dengan ketersediaan air baku.
“Tentu kita tidak menyangka sistem sanitasi yang ada sekarang di kota berpenduduk 730 ribu jiwa tersebut, kurang layak untuk menjaga kelestarian lingkungan, karena dibuat seadanya tanpa sesuai kelayakannya,” katanya.
Akibatnya air limbah yang dibuang ditangki septik (penampungan tinja) sering keluar hingga mencemari lingkungan, khususnya bakteri coli yang bisa mengakibatkan penyakit diare atau kolera, tambahnya.
Sebagian besar pemukiman atau pihak pengembang perumahan masih saja menggunakan septic tank yang kurang memadai, dan tidak dilengkapi saluran sanitasi yang tepat. “Makanya air dan sungai di Banjarmasin tercemar bakteri ini, sehingga airnya tidak bisa dijadikan sebagai air minum atau keperluan lainnya, padahal wilayah ini dikenal sebagai wilayah perairan,” katanya lagi.
Melalui desiminasi tersebut diharapkan memberikan pengertian kepada masyarakat untuk menciptakan sanitasi yang baik, sehingga lingkungan menjadi sehat, dan Banjarmasin pun akan menjadi kota yang bersih. (toomy)

Berikut adalah dokumentasinya (klik untuk memperbesar gambar):
[envira-gallery id=”620″]

Leave a Reply