PD PAL KOTA BANJARMASIN KENALKAN SANITASI MELALUI LOMBA MENGGAMBAR & MEWARNAI DALAM RANGKA HARI JADI KE – 491 KOTA BANJARMASIN

Sanitasi adalah segala upaya yang kita lakukan untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang sesuai dengan persyaratan kesehatan. Sebagai bagian dari sanitasi, pengelolaan limbah menjadi salah satu faktor penting yang patut diperhatikan. Pembuangan limbah sembarangan tidak hanya dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, namun juga kesehatan manusia. Limbah yang tidak dikelola dengan baik juga dapat mencemari air. Sanitasi menjadi perhatian bersama untuk seluruh pihak. Tidak hanya tugas Pemerintah saja, namun masyarakat pun harus turut serta dalam menciptakan sanitasi lingkungan yang sesuai dengan persyaratan kesehatan. Pengenalan sanitasi sejak dini menjadi hal yang wajib dilakukan. Hal tersebut dilakukan agar kelak tercipta generasi penerus yang peduli sanitasi lingkungan terutama dalam hal mengolah limbah rumah tangga. Mengenalkan edukasi lingkungan kepada anak – anak membutuhkan penyajian yang berbeda, perlu dikemas dengan hal hal yang menarik sehingga mereka tidak cepat bosan dan tetap antusias dalam mengikuti kegiatan.

Dalam rangka menyemarakan Hari Jadi ke – 491 tahun Kota Banjarmasin, Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin mengadakan Lomba Menggambar dan Mewarnai dengan tema Sanitasi. Tidak hanya itu saja, kegiatan tersebut juga dijadikan pihak PD PAL sebagai sarana pengenalan sejak dini tentang sanitasi terutama mengolah air limbah rumah tangga. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 3 September 2017 di Halaman Kantor PD PAL Kota Banjarmasin Jl. Pasar Pagi No. 89 Rt. 02 Banjarmasin. Kegiatan tersebut diikuti oleh 90 Peserta dari seluruh SD di Kota Banjarmasin. Adapun kategori lomba tersebut terdiri dari Lomba menggambar diikuti oleh anak – anak kelas 4 – 6 SD, sedangkan Lomba mewarnai diikuti oleh anak – anak kelas 1 – 3 SD. Lomba menggambar dan mewarnai merupakan kegiatan yang dapat dijadikan sebagai sarana penyaluran minat bakat, imajinasi, dan kreatifitas anak. Selain itu, antusiasme anak – anak inilah yang juga dijadikan sebagai kesempatan pengenalan dan penanaman sikap peduli kepada sanitasi lingkungan terutama dalam hal mengolah limbah rumah tangga menjadi air bersih kembali.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan generasi muda terutama anak – anak mengenal tentang sanitasi, dan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat betapa pentingnya mengolah limbah rumah tangga. Bersama PD PAL Kota Banjarmasin mari kita ciptakan Banjarmasin sebagai Kota Sungai Terindah.

Leave a Reply