PD PAL KOTA BANJARMASIN SATU SATUNYA SANITASI MANDIRI DI INDONESIA

Komitmen Pemerintah Kota Banjarmasin mempertahankan PD PAL yang menjadi satu satunya Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah di Indoesia yang mandiri tak perlu diragukan lagi. Hal ini salah satu bukti bahwa pemerintah mendorong dan mendukung Perusahaan yang mengolah air limbah dan membidangi sanitasi merupakan bagian terpenting dalam kehidupan, meskipun disisi lain untuk mempertahankan Perusahaan perlu perjuangan.
Kita akan mengembangkan PD PAL meskipun daerah lain terseok seok tetapi Banjarmasin harus bisa membuktikan dirinya untuk tetap berkembang, ucap Walikota H. Ibnu Sina kepada wartawan disela- sela Sarasehan Peningkatan Kapasitas Sosial Marketing PD PAL untuk Mencapai Mewujudkan Akses Universal 100-0-100 di Swiss Bellhotel Banjarmasin, Selasa (30/1).
Pemko juga terus melakukan upaya pengurangan pencemaran lingkungan, khususnya di sungai. Mengingat saat ini pencemaran paling tinggi disungai yakni e-coli yang disebabkan banyaknya limbah rumah tangga dibuang di sungai. Jika diamati bersama, rumah tangga setiap harinya mengeluarkan limbah domestic pasti ke sungai melalui drainase. Karena Banjarmasin ini dibawah permukaan air laut dan sangat perlu penanganan limbah cair.
Dalam menekan pencemaran lingkungan pihaknya juga sudah memasukkan persyaratan kepada pengembang dengan memberikan izin membangun perumahan yang harus ada penempatan TPS 3R, dan warga harus berlangganan pengelolaan air limbah.
Direktur Utama PD PAL Kota Banjarmasin, H. Rahmatullah, SE menjelaskan, hingga 2019 mendatang PD PAL memiliki target 15% untuk jaringan perpipaan. Jadi jangan sampai salah paham bahwa 100% sanitasi semuanya target PD PAL. Sisanya 85% melalui pengelolaan secara mandiri (onside) yang dilakukan oleh Dinas lain seperti PUPR, Kesehatan dan Lingkungan Hidup.
Yang menjadi kendala yaitu masyarakat cenderung enggan mengelola air limbah dengan berbagai alasan. Salah satunya yaitu tarif, padahal tarif pengelolaan air limbah jauh lebih murah daripada tarif PDAM yaitu 25% nya saja. PD PAL Kota Banjarmasin saat ini memiliki 6 instalasi yang ke depannya akan dimaksimalkan. Instalasi tersebut berada di Banajrmasin Utara wilayah HKSN, Sungai Andai dan Sultan Adam. Sedangkan Banjarmasin selatan berada di Basirih dan Tanjung Pagar, serta Banjarmasin Tengah di kawasan Pekapuran dan di belakang Kantor DPRD Kota Banjarmasin.

Sumber : Kalimantan Post Rabu, 31 Januari 2018

Leave a Reply