PD PAL RAMAIKAN PERAYAAN HARI AIR DUNIA 2019

Hari Air Sedunia atau World Water Day diperingati setiap tanggal 22 Maret. Tujuan peringatan hari ini adalah untuk menyadarkan dan meningkatkan perhatian atas pentingnya air bagi sumber kehidupan.Hari ini pertama kali diperingati tahun 1933 melalui kesepakatan bersama dalam Sidang PBB 22 Desember 1992 di Brasil.

Tahun ini tema Hari Air Sedunia yang diusung oleh PBB adalah Leaving No One Behind atau tidak meninggalkan siapapun di belakang. Tema ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa sanitasi air dan air minum yang bersih adalah bagian dari hak asasi manusia. Kedua hal ini sangat diperlukan untuk keberlangsungan hidup sehat.

Menariknya, peringatan Hari Air Sedunia tahun ini dilaksanakan di pinggir Daerah Aliran Sungai (DAS) Martapura di kawasan Taluk Kelayan, tepatnya di depan Kantor PD PAL Kota Banjarmasin wilayah Pekapuran Raya.

Menurut Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, kegiatan peringatan Hari Air Sedunia yang dirangkai dengan pembacaan deklarasi sungai, merupakan sebuah bentuk ajakan kepada seluruh lapisan masyarakat kota ini agar selalu menjaga kebersihan sungai.

Selain membacakan deklarasi tersebut, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penanaman pohon dan menabur bibit ikan oleh Walikota Banjarmasin, masyarakat dan Forkopimda Kota Banjarmasin.

Sesuai tema dalam kegiatan peringatan tersebut yakni air untuk semua, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini kembali menegaskan bahwa seluruh masyarakat kota ini berhak mendapatkan air bersih. Karena itu, katanya, tanggungjawab yang saat ini ada di pundak masing-masing warga kota ini adalah memelihara sumber-sumber air bersih.

Air bersih harus jadi hak warga kota, oleh karena itu kita punya tanggung jawab yang sama untuk memelihara sumber air. Khusus di Banjarmasin kita ingin agar sungai dan sumber-sumber air dijaga agar tetap terpelihara kebersihannya, ucapnya.

Sumber air lain yang harus dijaga, lanjutnya, adalah PDAM Bandarmasih dan PD PAL Banjarmasin.Kedua perusahaan daerah itu, merupakan perusahaan yang mensuplai air ke rumah-rumah warga dan mengolah air limbah agar tidak mencemari sungai dan lingkungan. Mari kita dukung PDAM yang telah mensuplai air ke rumah dan PD PAL Banjarmasin yang mengolah air limbah. PD PAL ini merupakan satu-satunya perusahaan pengolah air limbah yang ada di Indonesia, karena itu mari kita jaga. Kita ingin kota ini lebih baik sumber airnya dan limbah yang keluar diolah dengan sebaik-baiknya, dengan air bagus, obyek wisata terpelihara dan kehidupan masyarakatnya seputaran bantaran sungai yang semakin bersih,”jelasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1007 Banjarmasin, Danlanal Banjarmasin, Direktur PDAM Banjarmasin, Direktur Utama PD PAL Banjarmasin, para Camat se Kota Banjarmasin, seluruh mitra TNI dan Polri, Komunitas Malingai, Satgas Kebersihan, RT dan RW setempat.

Usai deklarasi, dilanjutkan penanaman pohon dan menabur bibit ikan bersama masyarakat dan Forkopimda Kota Banjarmasin. Pemimpin Kota Baiman ini menyempatkan untuk mengunjungi Ruangan Pelayanan Hubungan Langganan PD PAL Kota Banjarmasin yang baru direnovasi, sebagai bentuk penunjang kenyamanan terhadap pelanggan PD PAL dan semua masyarakat Banjarmasin.

 

 

 

 

Leave a Reply