Pemerintah Serius Tangani Soal Pengolahan Limbah Domestik

Air limbah adalah air yang telah mengalami penurunan kualitas karena pengaruh manusia. Air limbah perkotaan biasanya dialirkan di saluran air kombinasi atau saluran sanitasi, dan diolah di fasilitas pengolahan air limbah. Air limbah yang telah diolah dilepaskan ke badan air penerima melalui saluran pengeluaran. Air limbah, terutama limbah perkotaan, dapat tercampur dengan berbagai kotoran seperti feses maupun urin.

Air limbah yang tidak terolah dengan baik akan menjadi sumber masalah baru. Kota Banjarmasin yang memiliki julukan Kota Seribu Sungai yang mana masyarakatnya memiliki budaya atau kebiasaan beraktifitas di sungai harus menyadari hal tersebut. Demi terjaganya kelestarian sungai, maka masyarakat dan Pemerintah harus bekerja sama menangani urusan tersebut. Salah satu solusi untuk menangani soal sanitasi khususnya air limbah, Pemerintah Kota Banjarmasin memiliki Perusahaan Daerah yang bertugas untuk mengolah air limbah rumah tangga menjadi air bersih kembali yaitu Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL). Selain itu, Pemerintah Kota juga harus bersinergi dengan Dinas terkait untuk melakukan sosialisasi dalam rangka merubah pola pikir masyarakat agar peduli dengan lingkungan terutama kelestarian sungai.

Tidak hanya Kota Banjarmasin, urusan sanitasi juga menjadi perhatian dari seluruh Pemerintah Daerah di Indonesia. Beberapa waktu yang lalu PD PAL Kota Banjarmasin mendapat kunjungan kerja dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan Dinas PUPR Kota Pekanbaru. Karena sanitasi merupakan hal serius khususnya pengolahan air limbah rumah tangganya, maka Pemerintah Kota Pekanbaru juga bermaksud membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah Skala Kota yang akan mulai beroperasi pada tahun 2020. Selain itu, kunjungan kerja tersebut juga bermaksud untuk mendapatkan informasi dan perbandingan dalam pengelolaan serta kelembagaan air limbah skala Kota. Kunjungan tersebut juga dijadikan PD PAL Kota Banjarmasin sebagai sarana peningkatan kinerja Perusahaan menuju pelayanan prima untuk masyarakat Kota Banjarmasin pada umumnya dan pelanggan PD PAL Kota Banjarmasin pada khususnya.

Leave a Reply