Penyusunan Key Performance Indicator (KPI) PD PAL Kota Banjarmasin oleh BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan

Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin merupakan Perusahaan Daerah milik Pemerintah Kota Banjarmasin yang bertugas mengelola air limbah rumah tangga menjadi air bersih kembali melalui sistem perpipaan. PD PAL Kota Banjarmasin berdiri sejak 24 Agustus 2006. Saat ini PD PAL Kota Banjarmasin memiliki 6 Instalasi yang beroperasi dan memiliki 34 karyawan.
Dalam suatu Perusahaan, Sumber Daya Manusia merupakan aset utama yang menunjang tercapainya tujuan. Tidak heran kebanyakan Perusahaan yang maju memiliki karyawan yang handal, profesional dan terukur jelas kinerjanya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menunjang tercapainya tujuan suatu Perusahaan yaitu dengan menerapkan Key Performance Indicator (KPI) kepada karyawan.
Key Performance Indicator (KPI) merupakan metrik finansial ataupun non-finansial yang digunakan untuk membantu suatu organisasi menentukan dan mengukur kemajuan terhadap sasaran organisasi. Melalui Key Performance Indicator (KPI) manajemen Perusahaan lebih mudah untuk mengukur atau mengevaluasi kinerja karyawan, serta dapat mengurangi unsur subyektivitas karena penilaian kinerja karyawan diukur secara lebih obyektif.

PD PAL Kota Banjarmasin melakukan pendampingan teknis dalam rangka menyusun Key Performance Indicator (KPI) untuk mengukur kinerja karyawan. Kegiatan tersebut didampingi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam bertugas untuk mengelola air limbah rumah tangga tentunya dibutuhkan karyawan yang memiliki komitmen, integritas yang kuat serta professional. Dengan adanya pendampingan teknis ini diharapkan kinerja karyawan dapat diukur dan menciptakan Sumber Daya Manusia yang handal serta profesional.

Leave a Reply