Perhotelan dan Perkantoran Wajib Berlangganan PD PAL

Semakin menjamurnya keberadaan perhotelan dan perkantoran, yang berdampak kepada meningkatnya pembuangan limbah dari sini, untuk itulah Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menginstrusikan kepada seluruh hotel, perkantoran dan rumah makan, wajib berlangganan dengan PD PAL. Hal tersebut diungkapkan Ibnu Sina usai mengikuti rapat paripurna DPRD Kota banjarmasin beberapa waktu lalu.

Menurutnya, bukan hanya rumah – rumah masyarakat saja yang dihimbau agar berlangganan dengan PD PAL, tetapi juga prioritas mengelola air limbah untuk perhotelan, perkantoran dan rumah makan. Apalagi menurutnya, saat ini baru ada 46 rumah makan dan hotel yang mengelola air limbahnya dengan mempercayakan PD PAL. Menurutnya dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang pengelolaan air limbah, orang per orang atau badan, termasuk tempat usaha seperti rumah makan, wajib mengelola limbahnya. “Jadi, sebaiknya pengelola perhotelan, perkantoran hingga rumah makan yang tidak mampu mengelola limbahnya sendiri, bisa meminta bantu pengelolaannya ke PD PAL Kota Banjarmasin, karena mulai dari rumah tangga atau badan usaha semua merupakan prioritas.”

Pengelolaan sanitasi seperti, air limbah, sampah dan drainase memang sudah menjadi urusan wajib Pemko Banjarmasin dan PD PAL Kota Banjarmasin selaku operator di bidang air limbah. Untuk itulah, menurutnya kita harus mampu menciptakan lingkungan bersih, sehat, serta terhindar dari pencemaran limbah dan bisa mempercayakan pengelolaan limbah domestiknya kepada PD PAL Kota Banjarmasin.

 

Sumber : Barito Post (Selasa, 10 Mei 2016)

Leave a Reply