PESERTA WORKSHOP BANTUAN TEKNIS KELEMBAGAAN BIDANG PLP DARI SELURUH KABUPATEN DAN KOTA SE INDONESIA KUNJUNGI PD PAL KOTA BANJARMASIN

Sebanyak 37 delegasi Kabupaten dan Kota se Indonesia yang belum memiiki pengolahan air limbah terpusat seperti Persuahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL) di Banjarmasin, Jumat (27/10) pagi, secara bersama sama melakukan kunjungan dan menyerap sistem pengolahan sanitasi yang sudah diterapkan Perusahaan Daerah milik Pemko Banjarmasin. Alasan kunjungan ke PD PAL Kota Banjarmasin ini, karena selama ini dinilai sebagai salah satu pioner yang paling berhasil melakukan pengolahan air limbah domestik dengan sistem terpusat. Karena di daerah lain yang sebelumnya ada Perusahaan yang pada akhirnya mereka melakukan merger dengan alasan Perusahaan terus merugi diantaranya milik Pemerintah DKI Jakarta. Kunjungan tersebut dipimpin oleh Meinar Manurung selaku Kasi Kelembagaan Direktorat Pengembangan dan Penyehatan Lingkungan Permukiman Kementerian PUPR.
Para delegasi dari Kabupaten dan Kota se Indonesia diajak melihat langsung dalam mendorong pengolahan air limbah yang telah dilakukan oleh PD PAL Kota Banjarmasin, supaya setelah kegiatan ini dan kembali ke daerah masing masing, paling tidak bisa mengadopsi sistem pengolahan air limbah yang terpusat seperti yang telah dilakukan oleh PD PAL milik Pemko Banjarmasin ini. Selain memotivasi, juga mendorong semua wilayah di Indonesia kedepannya tetap bertanggung jawab dengan mencegah pencemaran lingkungan dengan sistem pengolahan limbah domestik yang lebih baik.
Direktur PD PAL Kota Banjarmasin, H. Rahmatullah, SE mengatakan dengan kunjungan delegasi Kabupaten dan Kota se Indonesia ini pihaknya terus berusaha melakukan sharing pengalaman dan kendala pengolahan PD PAL yang sudah 2 tahun ini tak mendapatkan penyertaan modal dari Pemerintah Daerah. Kemudian dengan kunjungan ini diharapkan mampu menularkan semangat mengelola limbah perkotaan yang dilakukan dengan continue dan konsisten. Karena dalam melakukan suatu pekerjaan di PD PAL ini dituntut memiliki semangat yang tinggi serta ikhlas dalam bekerja sehingga menghasilkan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Salah satu peserta kunjungan, Teddy Lumintang, Kabid Sanitasi Cipta Karya dari Kabupaten Minahasa, mengaku salut dengan komitmen dan dukungan kinerja PD PAL Kota Banjarmasin. Karena meski merugi, Perusahaan tetap berusaha untuk bangkit dan menunjukan kinerja yang baik kepada pemilik. Ia juga memberikan acungan jempol kepada Direkur dan Jajaran karena mampu membawa pengolahan limbah domestik ini dengan baik. Benar saja hasilnya tidak terlihat sekarang, namun 30 tahun kemudian akan terlihat dengan membaiknya sanitasi di Kota Banjarmasin.
Sedangkan Badan Pengawas PD PAL Kota Banjarmasin, Abdul Hadi S.E, M.Si yang sehari hari juga merupakan Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM mengakui, selama ini PD PAL kerap mendapatkan kunjungan dan menjadi referensi untuk pengembangan serta pengolahan limbah domestik terpusat. Bahkan PD PAL Kota Banjarmasin juga menanamkan edukasi tentang sanitasi sejak dini melalui lomba menggambar dan mewarnai yang dilakukan beberapa bulan yang lalu.

Leave a Reply