SANITASI MENJADI TUGAS BERSAMA

Demi mencapai target 100-0-100 yang dikenal dengan Universal Access (100% akses air minum, 0% persen luas kawasan kumuh perkotaan dan 100% akses sanitasi (air limbah, persampahan dan drainase))diperlukan dorongan optimalisasi perencanaan, pemrograman, penganggaran, pengendalian, komitmen, dan perhatian Pemerintah Daerah. Salah satu program 100-0-100 tersebut adalah akses sanitasi. Urusan sanitasi adalah hal sangat mendasar bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, dalam rangka mengejar target 100% masyarakat dapat mengakses sanitasi sesuai standar kelayakan pada 2019 mendatang, berbagai upaya terus dilakukan. Urusan sanitasi berdasarkan PP No. 38/2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintahan daerah provinsi dan pemerintahan daerah kabupaten/kota adalah menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah. Salah satu yang terdapat di dalam 100% akses sanitasi yaitu tersediaanya sistem air limbah skala komunitas/kawasan/kota sebesar 5%. Berbagai upaya yang dilakukan untuk mencapai target nasional tersebut, seperti kampanye perubahan perilaku terhadap pentingnya sanitasi yang baik dan sehat di masing masing daerah, dan melakukan kunjungan kerja.

Salah satu upaya tersebut sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin. Perusahaan Daerah milik Pemerintah Kota Banjarmasin yang bergerak dibidang pengolahan air limbah domestik saat ini sedang gencar melakukan sosialisasi tentang pemahaman pentingnya mengolah limbah domestik untuk menjaga agar sungai tetap bersih dan percepatan penambahan cakupan layanan demi tercapainya sanitasi yang baik di Kota Banjarmasin terutama dalam hal mengolah air limbah domestik. Hal yang sama juga sedang dilakukan di daerah daerah lain misalnya Provinsi Sumaterea Utara dan Kabupaten Bekasi. Baru baru ini PD PAL Kota Banjarmasin menerima Kunjungan Kerja dari Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara dan BAPPEDA Kabupaten Bekasi yang berencana untuk melakukan pembangunan IPALD (Instalasi Pengolahan Air LImbah Domestik) skala perkotaan. Tujuan Kunjungan Kerja mereka sama yaitu untuk melakukan koordinasi tentang upaya teknis dan non teknis yang dapat dilakukan untuk peningkatan layanan air limbah domestik kepada masyarakat di daerah masing masing daerah.

Pemerintah Daerah tidak mungkin bekerja sendiri, upaya tersebut perlu dorongan kuat dari masyarakat Banjarmasin yang sadar akan pentingnya mengolah air limbah domestic guna mewujudkan Kota Banjarmasin Baiman (Barasih wan Nyaman).

 

[envira-gallery id=”1142″]

Leave a Reply