SANITASI YES, NARKOBA NO

Bagai dua sisi mata uang, obat dapat bermanfaat dan sekaligus berbahaya bagi tubuh. Jika obat yang digunakan sesuai dengan aturan, dosis, dan di bawah pengawasan dokter, maka penggunaannya efektif untuk mencapai kesembuhan. Sebaliknya, obat-obatan dapat menimbulkan dampak negatif bila disalahgunakan dengan mengonsumsinya tanpa pengawasan dokter dan didasari tujuan yang tidak tepat. Penyalahgunaan obat-obatan narkotika, dan obat-obatan terlarang lainnya, dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan misalnya kehilangan konsentrasi dalam beraktifitas terutama dalam bekerja.

Banyak upaya yang dapat dilakukan oleh manajemen tempat kerja, salah satunya yaitu PD PAL Kota Banjarmasin bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banjarmasin melakukan sosialisasi tentang bahaya obat obatan terlarang tersebut. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah wawasan kepada karyawan/ti serta mencegah penyalahgunaan obat obatan terlarang.

Selain upaya di atas, masih banyak upaya lain yang dapat dilakukan seperti membuat berbagai program pencegahan yang memfokuskan pada pelatihan keterampilan(Life Skills)kepada pekerja sekaligus menghimbau kepada para pekerja untuk melaksanakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Leave a Reply