Sosialisasi PD PAL Kota Banjarmasin Dengan Warga Teluk Kelayan, Kelurahan Kelayan Barat

Perusahaan Daerah Pengolah Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin kembali mengadakan sosialisasi dan penyuluhan kepada 200-an warga yang terdiri dari empat RT, yakni warga Teluk Kelayan RT 1, 2, 3 dan RT 4di Kelurahan Kelayan Barat. Kali ini PD PAL Kota Banjaramasin mencobamembidik warga Teluk Kelayan, agar warga mau memasang instalasi pengolahan air limbah dan mengelola limbah rumah tangga mereka.

Edukasi tentang fungsi dari instalasi pengolah air limbah sengaja disampaikan, sebagai upaya pengelolaan sanitasi dilingkungan masyarakat Kota Banjarmasin, baik limbah rumah tangga maupun limbah perusahaan.

Sebelumnya, pelanggan PD PAL sudah tersebar di Kelurahan Sungai Baru, Kelurahan Pekapuran Laut, dan beberapa kawasan permukiman pada lima kecamatan di Kota Banjarmasin. Tetapi tidak termasuk Kelurahan Kelayan Barat.

Direktur PD PAL Kota Banjarmasin, Bapak H. Rahmatullah SE, mengatakan instalasi pengolah air limbah merupakan salah satu cara sanitasi mengurangi limbah warga Kota Banjarmasin, baik itu limbah rumah tangga maupun limbah perusahaan dan niaga, sudah saatnya seluruh masyarakat peduli akan lingkungan. Tak cukup hanya untuk tak membuang sampah padat saja, tapi sekarang limbah cair pun harus diperhatian. “Untuk meningkatkan program sanitasi ini dan mengurangi penyebaran limbah di Kota Banjarmasin, maka kami ajak warga di Kelurahan Kelayan Barat untuk memasang instalasi pengolahan air limbah,” ujarnya.

Dalam sosialisasi ini PD PAL akan menggratiskan biaya pemasangan instalasi pengolahan air limbah, juga menggratiskan tarif dalam lima bulan pertama. Selain itu, PD PAL juga memberi keringanan berupa potongan tarif bulanan 50 persen bagi warga miskin. Yang semula pembayaran bulanannya sebesar 25 persen dari tarif PDAM, menjadi 12,5% dari jumlah bayar PDAM warga.

 

 

 

Menjadi kawasan percontohan sanitasi, disambut baik Acil Sanah. Warga Kelayan Barat ini siap saja berlangganan, namun dengan catatan PD PAL memberikan keringanan kepadanya untuk membayar tagihan bulanan. Memang pentingnya jaringan sanitasi ini untuk kesehatan. Kalau ada keringanan, saya mau saja. Paling tidak gratis biaya pemasangan, tutur Sanah.

Sasaran warga Kelayan Barat ini sekaligus untuk upaya menambah pelanggan bagi PD PAL Kota Banjarmasin yang masih berjumlah sekitar 7000-an pelanggan. Dengan sosialisasi ini juga berguna sebagai salah satu upaya menambah pelanggan yang saat ini masih berjumlah 7000-an pelanggan tersebut.

Leave a Reply