Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) Indonesia Kunjungi PD PAL

SNV (Stichting Nederlandse Vrijwilligers) atau yang biasa dikenal sebagai Netherland Development Organisation merupakan lembaga pembangunan dari Belanda yang telah berdiri sejak tahun 1965 dan telah bekerja di 38 Negara di seluruh dunia. SNV telah bekerja di Indonesia sejak tahun 2013, dengan 3 (tiga) sektor utama yaitu Pertanian (Agriculture), Energi Terbarukan (Renewable Energy) serta Air, Sanitasi dan Kebersihan (WASH). Dalam pelaksanaan kegiatan, SNV di Indonesia berkoordinasi dengan Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah (BANGDA) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Sejak tahun 2017, SNV Netherlands Development Organisation bekerja sama dengan Plan International dan WASH Alliance (WAI) melalui Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Kerajaan Belanda melaksanakan program dalam rangka mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs) dalam bidang sanitasi. Program ini dinamakan sebagai WASH SDGs dan akan dilakukan selama 5 tahun.

Sebagai bagian dari program WASH SDGs, mulai dari April hingga Desember 2019 SNV Global dan SNV Indonesia akan bekerja sama dengan Institute for Sustainable Futures, University of Technology Sydney, untuk melakukan kompilasi teknologi pengolahan air limbah domestik di 7 negara, yaitu Indonesia, Nepal, Bangladesh, Zambia, Kenya, Tanzania, dan Rwanda, dengan Indonesia sebagai lokasi percontohan.

 

 

Untuk mendukung terwujudnya hal tersebut diatas, SNV Indonesia melakukan kunjungan kepada pihak PD PAL Kota Banjarmasin. Kunjungan SNV Indonesia diwakili oleh Ibu Annisa Putri, ST dan disambut langsung oleh Kepala Bidang Teknik Bapak Deris Kusdinar, ST serta Kepala Seksi Jaringan Pengolahan Bapak Ivany Hady Lesmana, ST

Kunjungan kali ini dikhusukan di IPAL Pekapuran Raya untuk mengambil beberapa data yang diperlukan, melalui metode wawancara dengan Operator, Kepala Seksi dan Kepala Bidang Teknik, melakukan rekaman audio sebagai bahan penunjang catatan, dan membuat beberapa foto fasilitas yang diperlukan.

Leave a Reply