Tim Smart Sanitation Award 2018 Berkunjung ke PD PAL Kota Banjarmasin

Air dan sanitasi menjadi satu kesatuan yang penting dalam kehidupan. Tanpa sanitasi yang baik maka keadaan lingkungan akan menjadi kotor, kuantitas dan kualitas air akan menurun. Air dan sanitasi adalah proses yang kita butuhkan untuk menjaga kelestarian lingkungan, sehingga memberikan kita kehidupan dan kesehatan yang baik.

Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) tiap tahunnya selalu menyelenggarakan City Sanitation Summit (CSS). Acara tersebut merupakan ajang untuk memotivasi dan mendorong masing masing Kepala Daerah untuk memprioritaskan kepemimpinan dalam mendukung sanitasi dan air minum, serta target Sustainable Development Goals (SDGs).

Acara City Sanitation Summit tahun 2018 diselenggarakan di Kota Jambi, adapun rangkaian acara tersebut terdiri dari pemberian beberaoa kategori penghargaan Smart Sanitation Award (SSA) 2018. SSA adalah penghargaan internal AKKOPSI bagi 40 anggota dengan 5 kategori, yakni kategori penyerapan DAK terbaik, keaktifan anggota terbaik, inovasi sanitasi terbaik, kelengkapan NAWASIS terbaik, serta kategori Utama sebagai Top Ten (10 nilai tertinggi) Smart Sanitation Award 2018.

Dalam acara CSS tersebut, Kota Banjarmasin termasuk dalam Top Ten (10 nilai tertinggi) dan sukses meraih peringkat Kedua Smart Sanitation Award 2018. Bukan hal mudah mendapat penghargaan ini, mengingat Pemko Banjarmasin mesti bersaing dengan lebih dari 300 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dan melewati beberapa tahap seleksi penilaian, hingga masuk 10 besar dan akhirnya menjadi terbaik kedua setelah Pemkot Depok.

Suatu kehormatan dan tantangan tersendiri yang dirasakan oleh Perusahaan Daerah Kota Banjarmasin (PD PAL) Kota Banjarmasin yang menjadi salah satu tempat yang dinilai dan dikunjungi oleh Tim Penilai Smart Sanitation Award2018. PD PAL Kota Banjarmasin merupakan Perusahaan Daerah milik Pemerintah Kota Banjarmasin yang bertugas untuk mengolah air limbah rumah tangga menjadi air bersih kembali melalui system perpipaan. Tidak hanya itu saja, PD PAL Kota Banjarmasin juga melakukan sosialisasi edukasi kepada masyarakat tentang betapa pentingnya mengolah air limbah rumah tangga demi menjaga kelestarian air dan sanitasi di Kota Banjarmasin.

Dengan adanya Prestasi yang didapat oleh Pemerintah Kota Banjarmasin yang berkaitan dengan sanitasi, diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat luas bahwa kelestarian lingkungan harus dijaga dan diwujudkan melalui kerja sama dari masyarakat dan Pemerintah Kota.

 

Sumber : beritabanjarmasin.com

 

Leave a Reply