UPAYA MEWUJUDKAN SANITASI LAYAK UNTUK MASYARAKAT

Salah satu sumber pencemaran air yaitu air limbah rumah tangga. Fasilitas pembuangan air limbah yang tidak standar merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tercemarnya sumber air seperti sungai. Hal ini tidak bisa dianggap remeh, jika dibiarkan terus menerus maka tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti sumber air akan menjadi tercemar dan tidak terciptanya sanitasi yang layak bagi masyarakat.

Diperlukannya perhatian dan penanganan khusus dari Pemerintah Daerah bekerja sama dengan beberapa elemen masyarakat untuk mewujudkan sanitasi yang layak bagi masyarakat. Berlatar belakang itulah banyak upaya yang dilakukan oleh beberapa daerah untuk mewujudkan hal tersebut.

Salah satu upaya nya yaitu pembuatan Peraturan Daerah yang mengharuskan setiap masyarakat untuk dapat mengolah air limbah rumah tangganya. Melalui PD PAL Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Banjarmasin memiliki Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pengolahan Air Limbah Domestik.

Jumat, 09 November 2018 DPRD Kabupaten Tanah Bumbu melakukan kunjungan kerja ke PD PAL Kota Banjarmasin terkait pembuatan Peraturan Daerah tentang air limbah. Hal tersebut diharapkan dapat menciptakan sanitasi yang layak bagi masyarakat. Banyak hal yang didapat dari adanya kunjungan kerja tersebut yaitu menjadi tambahan motivasi oleh PD PAL Kota Banjarmasin untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Leave a Reply