PD PAL Kota Banjarmasin Bangun Laboratorium Mandiri

Dalam rangka untuk mendapatkan hasil olahan air limbah yang sesuai standar, Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin yang notabenya milik Pemko Banjarmasin ini sudah membangun Laboratorium Mini mandiri yang berada di kantor PD PAL Unit Pekapuran Raya.
Direktur PD PAL Kota Banjarmasin H Rahmatullah mengatakan bahwa pembangunan laboratorium ini sebenarnya sudah lama direncanakan, sehubungan masih belum adanya SDM yang berkemampuan khusus untuk menangangi akhirnya ditunda untuk sementara.

 

 

 

 

 

 

 

 

Namun, setelah salah satu karyawan pulang tugas belajar mengenai pengelolaan air limbah dari Amerika selama 2 tahun, akhirnya PD PAL bisa fokus menangani laboratorium dan tinggal merealisasikan. Selama ini pengujian terhadap air hasil olahan memang sudah ada, tetapi laboratorium mandiri khusus seperti sekarang baru ada di perusahaan dan mulai dibangun sejak 2019.Saat ini laboratorium PD PAL setiap harinya memeriksa semua air pembuangan yang diolah/dihasilkan di setiap IPAL termasuk IPAL Lambung Mangkurat di samping DPRD, IPAL Pekapuran Raya, IPAL HKSN, IPAL Basirih, IPAL Sungai Andai dan IPAL Tata Banua Indah.

Karyawan PD PAL Kota Banjarmasin yang khusus menangani Laboratorium yaitu Ibu Aulia Azizah S.Si M.Ps mengatakan bahwa pembangunan Laboratorium yang dilaksanakan oleh PD PAL Kota Banjarmasin ini merupakan realisasi keseriusan dalam menjamin hasil air olahan limbah sebelum dikembalikan ke badan sungai harus sesuai strandar agar tidak mencemari ekosistem di dalam air.
Banyaknya ikan yang hidup di saluran dan kolam indicator PD PAL Kota Banjarmasin sudah membuktikan bahwa air hasil olahan limbah yang dibuang dan dialirkan 10 liter/detik ini dipastikan aman untuk lingkungan dan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya, kata Direktur PD PAL Kota Banjarmasin H. Rahmatullah, SE menambahkan.
Dengan segala keterbatasan yang dimiliki PD PAL Kota Banjarmasin yang saat ini masih mengalami kerugian, tidak mengurangi tugas PD PAL dalam membantu menyelamatkan lingkungan masyarakat Kota Banjarmasin.#sanitasi#airlimbah#pdpalkotabanjarmasin#pengolahanairlimbahkotabanjarmasin#laboratorium#wastewatermanagement#wastewateroperator#wastewatercompany

Leave a Reply