PT ADARO MINING INDONESIA STUDY BANDING KE PD PAL KOTA BANJARMASIN

PT ADARO MINING INDONESIA STUDY BANDING KE PD PAL KOTA BANJARMASIN

Sehubungan dengan rencana Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 68 Tahun 2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik oleh PT. Adaro Indonesia, maka pada hari Jumat 29 November 2019 silam PT. Adaro Indonesia melakukan Study Banding ke PD PAL Kota Banjarmasin.

 

Jumlah peserta kegiatan Study Banding dari PT. Adaro Indonesia adalah sebanyak 8 (Delapan) orang yaitu Bapak B. Lucky Sugiarto (General Affairs), Bapak Henderawan (General Affairs), Bapak Puji Setiyono (General Affairs), Bapak Zulfikurrahman (Water Quality SPV), Bapak Ciptanto (SPV Project), Bapak Randy Saputra HSE (Monitoring, Analysis & Evaluation), Bapak Ochroma Purrama Dimasti Hakim (Crew Pengelola Limbah Domestik) dan Bapak Akhmad Jailani (Crew Pengelola Limbah Domestik).

 

 

Study Banding PT ADARO MINING INDONESIA ke PD PAL Kota Banjarmasin ini diterima langsung oleh Direktur PD PAL Kota Banjarmasin, H. Rahmatullah, SE didampingi Kepala Bidang Teknik beserta Kepala Seksi dan Staf.

Kegiatan ini diawali dengan melihat langsung proses pengolahan air limbah domestic PD PAL Kota Banjarmasin mulai dari bak penampungan awal RSPS (Raw Sewage Pump Station), dilanjutkan dengan proses pengolahan menggunakan system RBC (Rotating Biological Contactor) yaitu proses pengolahanbiologis yangdigunakan dalam pengolahanair limbahsetelah proses screening (penyaringan sampah dan bahan kasar), dilanjutkan juga dengan melihat dosing kaporit pada proses pengolahan air limbah yang digunakan sebagai desinfektan untuk menurunkan bakteri coliform, kemudian lanjut untuk melihat Ultrasonic flow meter (UFM) yang merupakan meter air jenis inferensial (mengukur secara tidak langsung) yang menentukan kecepatan alir cairan (liquid flow rate) dengan mengukur waktu transit pulsa suara frekuensi tinggi (high-frequency sound pulses) yang melintasi pipa aliran.

Study banding ini dilanjutkan dengan diskusi ringan di ruang rapat PD PAL Kota Banjarmasin. Beberapa hal yang didiskusikan antara lain mengenai system teknis jaringan perpipaan PD PAL, pengambilan dan pengujian kualitas air baik itu inlet dan outlet, rencana pengembangan pembangunan PD PAL ditahun yang akan dating. Kegiatan study banding ini diakhiri dengan bertukar souvenir dan plakat, serta foto bersama.

Leave a Reply